Tradisi Pembagian Kanji Rumbi Warga Aceh pada Bulan Ramadhan

- 25 Maret 2023, 14:43 WIB
Proses Memasak Kanji Rumbi/Instagram/@kulineratjeh
Proses Memasak Kanji Rumbi/Instagram/@kulineratjeh /

JURNALACEH.COM– Kanji rumbi adalah olahan nasi yang mirip dengan bubur dengan cita rasa yang unik dari Provinsi Aceh. Kanji Rumbi ini hampir mirip dengan bubur ayam yang di jual di daerah Indonesia.Kanji rumbi dimasak dengan bahan utama beras dan rempah-rempah sebagai penambah agar cita rasa kanji rumbi semakin enak.

Kanji rumbi ini biasanya di masak pada bulan Ramadhan, proses memasaknya dilakukan di Meunasah (Mushola). Kanji rumbi yang di buat dan dibagikan kepada warga disiapkan oleh juru masak yang sudah diberi kepercayaan oleh warga. Kanji rumbi dibuat dengan menggunakan beras sebagai bahan utama, wortel di potong dadu,  udang yang di potong kecil-kecil, jahe, seledri, serai, dan rempah lain yang sudah dihaluskan.

Sesekali daging sapi juga ditambahkan kedalam kanji rumbi. Semua bahan yang sudah di siapkan dimasak secara bersamaan, dengan air di dalam belanga besar di aduk hingga masak dan menjadi bubur.

Baca Juga: 5 Snack Takjil Ramadhan Cocok Dijadikan Menu Berbuka, Ada Bubur Sum-sum Juga Lho!

Juru masak kanji rumbi dengan menggunakan satu buah belanga besar. Juru masak biasanya mulai menyiapkan bahan untuk  kanji rumbi sekitar pukul 11.00 WIB setelah sholat zhuhur baru dimulai memasak kanji rumbi.

Setelah dua sampai tiga jam, kanji rumbi siap dibagikan kepada warga yang datang untuk mengambil kanji rumbi. Satu kuali besar yang digunakan untuk memasak kanji rumbi bisa di bagikan ke lebih dari 150 mangkuk warga desa.

Kanji rumbi ini dimasak dari hari pertama puasa sampai dengan hari terakhir puasa. Setelah menunaikan ibadah sholat Ashar, satu persatu warga mendatangi mushola untuk mengambil kanji rumbi yang sudah di masak, warga yang mengambil kanji rumbi membawa tempat untuk dimasukkan kanji rumbi.

Baca Juga: Ini Dia! Ie Bu Peudah, Kuliner Khas Aceh Besar Saat Ramadhan dengan Aneka Rempah yang Kian Langka

Kanji yang sudah masak dimasukkan oleh juru masak ke tempat yang sudah dibawakan, dibawa pulang untuk dimakan pada saat berbuka puasa

Halaman:

Editor: Farhan Nurhadi


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x