Sri Mulyani Singgung Konflik Geopolitik Picu Krisis Pangan Saat Ketemu Menkeu Amerika Yellen

- 16 Juli 2022, 12:52 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen melakukan pertemuan bilateral di sela-sela acara G20, Bali, Sabtu,  16 Juli 2022
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen melakukan pertemuan bilateral di sela-sela acara G20, Bali, Sabtu, 16 Juli 2022 /Kolase Instagram @smindrawati/

JURNALACEH.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani kembali mengadakan pertemuan bilateral. Kali ini dengan Menkeu Amerika Serikat (AS) Janet Yellen, di Bali, Sabtu 16 Juli 2022.

Menkeu atau di Amerika lazim dikenal dengan sebutan Secretary of the US Treasury sempat berbicara cukup lantang menyentil Rusia di pertemuan ketiga Menkeu dan Gubernur Bank Sentral atau 3rd FMCBG G20. Jannet menyebut Rusia tidak pantas mengirimkan delegasi ke acara G20 kali ini.

Seperti diketahui, dua negara yang tengah berperang yakni Rusia maupun Ukraina mengirimkan delegasinya ke acara 3rd FMCBG G20 di Bali. Bedanya, delegasi Rusia hadir secara fisik, sementara Ukraina hadir secara virtual.

Baca Juga: Sri Mulyani Adakan Pertemuan dengan 3 Menkeu Negara G20, Bicara Soal Perang dan Krisis Pangan

Rusia juga punya hal suara dalam forum G20. Sementara Ukraina tidak. Karena negara yang dimpin Volodymyr Zelensky ini bukan anggota dari G20. Tapi, Yellen justru menentang kehadiran Rusia.

"Representasi dari rezim Putin tidak memiliki tempat untuk hadir di forum ini. Kami tetap berdiri bersama masyarakat Ukraina,” tegas Yellen, dalam konferensi pers, Kamis 14 Juli 2022 lalu.

Dua hari setelah pernyataan keras itu, Yellen mengadakan pertemuan dengan tuan rumah, yakni Menkeu Sri Mulyani. Ia dan mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini sepakat konflik geopolitik jadi penyebab dari krisis pangan dan energi.

Baca Juga: Final Piala Presiden: Kans Arema Ulangi Sejarah 2017 Silam Terbuka Lebar

"Kami berdua sepakat bahwa penyebab krisis pangan dan energi yang terjadi merupakan konsekuensi dari isu geopolitik yang belum mengalami de-eskalasi," kata Sri Mulyani seperti dikutip di akun Instagramnya, Sabtu, 16 Juli 2022.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengaku baru saja bertemu dengan Yellen di Spring Meeting IMF – World Bank 22 April lalu.

Halaman:

Editor: Ade Alkausar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x