Top! 5 Tempat Wisata Kuliner Aceh yang Populer dan Legendaris

- 18 Januari 2023, 08:02 WIB
 Mie Aceh
Mie Aceh /Tangkapan Layar Youtube Devina Hermawan

JURNALACEH.COM- Jika disebut Aceh, pasti selalu yang terbesit dalam benak kita adalah wisata alam, kuliner dan wisata religi. Wajar, karena wilayah indonesia ujung barat ini terkenal dengan semua itu.

Contohnya saja wisata alam, siapa sih yang tak terpukau keindahan laut Aceh? Semua mata dibuat manja akan keindahan pantai di sana. Sebut saja pulau sabang, salah satu tempat tujuan pecinta snorkeling dunia.

Beralih wisata religi, dan ini akan terasa kental suasananya jika anda berkunjung ke tanah serambi mekkah itu. Seperti Masjid Raya Baiturrahman, yang menjadi ikon peradaban islam di Aceh.

Baca Juga: Byurr! Cek 2 Curug di Baturaden, Wisata Air Terjun Tersembunyi di Kabupaten Banyumas

Masjid yang dibangun sejak tahun 1600 M, masa kerajaan Sultan Iskandar Muda, masih berdiri kokoh di sana. Dan menjadi tempat kunjungan wajib bagi para wisatawan yang pertama kali menginjak kakinya di Aceh.

Nah, selanjutnya wisata kuliner. Aceh yang terkenal lewat bumbu rempah dalam penyajian makanan, jelas tak perlu diragukan lagi soal rasa. Jadi, tak lengkap jika jalan-jalan ke Aceh belum mencicipi kulinernya.

Berikut JurnalAceh.com telah merangkum, dari berbagai sumber tentang wisata kuliner legendaris di Banda Aceh yang wajib kamu coba jika liburan ke sana:

Baca Juga: Ekonomi Global Menghantui, E-Commerce Apa yang Unggul bagi Pengguna-Penjual?

1. Mie Razali
Warung Mie Razali ini, menu utama yang terkenal adalah Mie Aceh. Mie aceh yang disajikan hasil perpaduan bumbu rempah aceh yang khas.

Dengan cara penjian berbagai macam, Mie Goreng, Mie Rebus, Mie Tumis dan Mie Goreng Basah (becek).

Tak hanya itu, menu Mie Aceh di atas masih dikatakan original. Jika ingin lebih nikmat, anda bisa request untuk dipadukan dengan sesuai selera. Ada kepiting, Udang, Cumi, Daging Sapi dan lain-lain.

Baca Juga: Kampung Wisata Cinangneng Bogor, Serunya Berwisata Sambil Mengenal Budaya Sunda

2. Rumah Makan Lem Bakrie
Selain itu ada Rumah Makan Lem Bakrie. Yang menyediakan seluruh menu makanan khas aceh. Seperti Kari Ayam, Gulee Pliek, Kuah Beulangong, Sie Reuboh dan aneka makanan khas Aceh Besar lainnya.

Dan tempat makan ini menyediakan menu ayam goreng yang khas dengan daun kari, atau daun temurui dalam bahasa acehnya.

3. Bubur Kanji Ayam Bombay
Bubur kanji ayam yang disediakan di sini, sepintas mirip dengan bubur ayam. Tapi memiliki citarasa yang berbeda, karena bubur kanji memiliki aroma rempah yang kuat dan khas aceh, serta tidak memakai kecap seperti pada umumnya.

Baca Juga: Liburan Ke Jatinangor, Jangan Lewatkan 5 Destinasi Viral Ini!

4. Es Campur Afuk
Ini telah cukup lama ada di Banda Aceh, dan menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang legendaris di kota ini. Pada dasarnya, es campur yang disediakan di sini sama dengan es campur di tempat lain. Ya

5. Bandrek Pak Sen
Bandrek Pak Sen ini adalah salah satu tempat wisata kuliner yang ramai dikunjungi setiap harinya. Namun pengunjungnya akan lebih membludak ketika musim hujan.

Minuman bandrek yang disajikan di tempat ini dipadukan rempah, memiliki cita rasa yang enak dan menghangatkan.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Banjarnegara yang Bikin Ngiler, Pengen Balik Lagi

Rebusan kacang hijau, kacang tanah sangrai, dan sagu mutiara menjadi pelengkap yang menambah citarasa bandrek di sini.

Selain minuman bandrek, di tempat ini juga tersedia beraneka ragam gorengan yang disajikan dengan saus cocolan khas yang beroma jahe.

Demikian beberapa tempat wisata kuliner di Banda Aceh yang wajib Anda datangi ketika berkunjung ke kota yang memiliki mesjid terkenal yaitu Masjid Raya Baiturrahman ini.***

Editor: Fachrulrazi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah