Keistimewaan dalam Bulan Suci Ramadhan yang Harus Diketehui, Simak Selengkapnya di Sini

- 28 Maret 2023, 12:29 WIB
Membaca Al-Qur'an/Pixabay/Thirdman
Membaca Al-Qur'an/Pixabay/Thirdman /

JURNALACEH.COM-  Dalam Al-Qur’an yang membahas tentang bulan suci Ramadhan, Allah SWT telah menjelaskan dalam firmannya bahwa Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan. Dan pada firman Allah SWT yang lain menyatakan Al-Qur’an diturunkan pada malam Qadar., sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Lailat Qadar.

Oleh karena itu di bulan Ramadhan terdapat malam Qadar, yang dijelaskan dalam Al-Qur’an lebih baik dari seribu bulan. Pada malam Lailat Qadar para Malaikat dan Ruh (Jibril) turun bergantian dengan seizin Allah SWT dan kedamaian pada malam itu akan terasa hingga terbit fajar.

Dalam ayat Al-Qur’an tentang bulan Ramadhan lainnya menjelaskan bahwa kedekatan Allah SWT dengan hamba-hamba-Nya serta janji-Nya untuk mengabulkan doa siapapun dengan tulus berdoa.

Baca Juga: Materi Kultum Ramadhan Singkat tentang Keistimewaan Bulan Ramadhan Beserta Dalilnya, Yuk Simak!

Dari hadis-hadis Nabi juga dijelas keistimewaan dari bulan suci Ramadhan. Namun apabila tidak ada lagi keistimewaan bulan suci Ramadhan, kecuali malam Lailat Al-Qadar maka itu juga menjadi kebahagiaan bagi umat Muslim.

Beberapa keutamaan bulan suci Ramadhan dibandingkan dengan bulan yang lain adalah bulan yang sangat mulia dan banyak keistimewaan yang di jumpai dalam bulan Ramadhan, antara lain yaitu:

1. Bulan yang Diberkahi oleh Allah SWT

Dibulan Ramadhan ini semua pintu berkah dibukakan oleh Allah SWT. Dibukakan pintu-pintu surga dan menutup semua pintu neraka. Semua setan, jin, dan iblis dibelenggu. Sabda Rasullullah SAW:

Baca Juga: Materi Kultum Ramadhan yang Singkat dan Mudah di Mengerti

Halaman:

Editor: Farhan Nurhadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x