Tempat Makan Siang Gratis, Prabowo Yakin APBN Mampu Biayai Program Prioritasnya

- 17 Mei 2024, 16:30 WIB
Presiden Terpilih Prabowo Subianto
Presiden Terpilih Prabowo Subianto /Tim Media Prabowo Subianto/

JURNALACEH.COM - Presiden terpilih Prabowo Subianto menegaskan keyakinannya bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mampu membiayai program-program prioritasnya yang mencakup makan siang dan susu gratis untuk pelajar, serta program perbaikan gizi untuk ibu hamil dan anak-anak.

Pada acara Qatar Economic Forum di Doha, Qatar, Prabowo menyampaikan keyakinannya kepada para investor asing, praktisi ekonomi, dan perwakilan negara asing.

Dikutip JurnalAceh.com dari antara news.com, dalam pernyataannya, Prabowo mengaku optimistis dapat menjaga defisit APBN tidak lebih dari 3 persen saat mengalokasikan anggaran untuk program-program prioritasnya tersebut. Dia menyatakan telah melakukan kajian dan perhitungan anggaran yang memperkuat keyakinannya dalam mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: Pembentukan Kabinet Pemerintahan Baru: Tantangan dan Harapan di Era Prabowo-Gibran

Prabowo menekankan bahwa Indonesia memiliki rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang rendah, serta menerapkan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaan fiskalnya.

Meskipun menetapkan batas defisit APBN pada 3 persen dianggap sebagai suatu ketentuan arbitrer, Prabowo meyakini bahwa Indonesia memiliki tradisi dalam menjaga kehati-hatian dalam pengelolaan keuangan negara.

Strategi yang akan diterapkan oleh Prabowo untuk mengelola anggaran termasuk di antaranya adalah dengan melakukan refocusing dan pengurangan anggaran untuk program-program yang dianggap tidak esensial.

Baca Juga: Banyak Beredar Bocoran Kabinet Pemerintahan Prabowo-Gibran, Berikut Ini Klarifikasi DPP Gerindra!

Dia juga berkomitmen untuk melanjutkan digitalisasi dan komputerisasi layanan pemerintahan yang telah diterapkan oleh pemerintahan sebelumnya, karena hal ini dinilai dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi kebocoran anggaran.

Sejak ditetapkan sebagai presiden terpilih, Prabowo telah melakukan kunjungan ke beberapa negara untuk bertemu dengan kepala negara dan kepala pemerintahan negara mitra Indonesia, termasuk China, Jepang, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Qatar. Kunjungannya ke Qatar mencakup partisipasinya sebagai pembicara khusus dalam acara Qatar Economic Forum.

Halaman:

Editor: Fauzi Jurnal Aceh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah