Tip Sukses Membuat Telur Asin

- 21 November 2021, 18:56 WIB
Foto Telur Asin. / Pixabay/ Erliandy, ST/
Foto Telur Asin. / Pixabay/ Erliandy, ST/ /

JURNALACEH PRMN - Telur mengandung protein tiga belas persen, lemak dua belas persen, dan vitamin, serta mineral.

Kuning telur mengandung asam amino esensial serta mineral seperti besi, fosfor, sedikit kalsium, dan vitamin B kompleks.

Putih telur yang jumlahnya sekitar enam puluh persen dari seluruh bulatan telur mengandung lima jenis protein dan sedikit karbohidrat. Sayangnya, telur mudah rusak.

Baca Juga: Mensos Beberkan 6 Metode dalam Pemutakhiran Data Tepadu Kesejahteraan Sosial

Kerusakan telur dapat disebabkan karena kerusakan alami, kimiawi, kerusakan akibat serangan mikro organisme melalui pori-pori telur, atau kerusakan pada saat pengemasan.

Karena itu, pengawetan telur sangat penting dilakukan untuk mempertahankan kualitas telur. Salah satunya adalah dengan cara diasinkan (dibuat telur asin).

Bahan dan Cara Membuat.
Bahan-bahan membuat telur asin antara lain telur itik, garam, abu gosok, dan bata merah yang dihaluskan.

Sebelum membuat telur asin sebaiknya dilakukan penyortiran terhadap telur itik digunakan untuk menjaga kualitas telur asin yang dihasilkan.

Telur itik yang akan dijadikan telur asin dipilih yang masih segar,bentuk dan ukurannya seragam, serta warna kulitnya tidak terlihat pucat. Berikut ini tahap-tahap membuat telur asin.

Cuci bersih telur itik yang telah disortir. Telur yang tidak tersortir karena ukurannya tidak memenuhi syarat tetap dapat dijadikan telur asin, tetapi dijual dengan harga lebih rendah atau untuk dikonsumsi sendiri.Buat adonan menggunakan campuran garam, abu gosok, dan bata merah.

Halaman:

Editor: Erliandy, ST.


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x