Inflasi Kota Singkawang Tembus di Atas Rata-Rata Nasional, Harga Makanan dan Minuman Meroket

- 5 Februari 2023, 16:02 WIB
Ilustrasi - cara cairkan uang bantuan sembako.
Ilustrasi - cara cairkan uang bantuan sembako. /Pixabay/

JURNALACEH.COM - Ancaman laju inflasi yang menghantui sejumlah negara di dunia mulai berimbas ke Indonesia. Bahkan Kota Singkawang, tingkat inflasinya melampaui rata-rata nasional,

Secara nasional, inflasi di bulan Januari 2023 terus menunjukkan peningkatan, yakni mencapai 5,28 persen. Di atas target Bank Indonesia (BI) sebesar 3 persen plus minus 1 persen.

Sementara di Singkawang, inflasi mencapai 5,74 persen, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 113,62. Melampaui rata-rata nasional.

Baca Juga: Wisata Kuliner Magelang Legendaris yang Wajib Anda Coba, Ada Langganan Bapak Presiden

Kenaikan inflasi di Singkawang ini menjadi gambaran nyata mulai naiknya harga kebutuhan pokok masyarakat. Terutama sepuluh kelompok pengeluaran.

Dua kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan harga paling tinggi adalah kelompok transportasi dan makanan serta minuman.

"Kelompok pengeluaran yang mengalami peningkatan indeks berturut-turut dari yang tertinggi yaitu kelompok transportasi sebesar 17,10 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 8,45 persen," bunyi laporan BPS, Rabu 1 Februari 2023.

Baca Juga: Ciater Highland Resort, Penginapan Seru di Subang, Lengkap dengan Berbagai Fasilitas Menarik

Sementara kelompok kesehatan naik sebesar 6,70 persen; kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 6,45 persen dan kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 4,38 persen.

Selanjutnya, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya naik sebesar 4,38 persen; kemudian kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 2,42 persen; kelompok pendidikan sebesar 1,94 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 1,68 persen; dan kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,39 persen.

Halaman:

Editor: Ade Alkausar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x