Tidak ada Uang Salah Satu Penyebab Masalah Kesehatan Mental

- 4 Desember 2021, 21:05 WIB
Ilustrasi dompet. /Pixabay/stevepb
Ilustrasi dompet. /Pixabay/stevepb /

JURNALACEH PRMN – Sebuah survei yang pernah dilakukan menemukan bahwa sebagian besar orang merasa stres dalam menghadapi masalah keuangan yang dihadapi saat ini.

Stres yang dihadapi membuat mereka menderita depresi, tidak bisa berkonsentrasi, dan kesulitan untuk tidur.

Jika kamu menghadapi situasi di atas, maka tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, kekhawatiran yang berlebihan tidak dapat menyelesaikan masalah.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Desember 2021 Nasional dan Internasional: Mulai Hari AIDS Sedunia hingga Libur Natal

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Yale pada 2014, menghubungkan antara tekanan finansial dengan kesehatan mental.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa beberapa masalah 'kesehatan mental' sebenarnya adalah masalah uang.

The Financial Health Institute mendefinisikan stres keuangan sebagai "suatu kondisi yang merupakan hasil dari peristiwa keuangan dan/ atau ekonomi yang menciptakan kecemasan, kekhawatiran, atau rasa kelangkaan, dan disertai dengan respons stres fisiologis."

Antropolog dan peneliti di balik penelitian ini, Annie Harper mencatat bahwa mayoritas peserta terlilit utang dan sangat stres karenanya.

Utang memiliki dampak negatif yang kuat pada kesehatan mental, dan dia menyarankan bahwa jika masalah keuangan seseorang diselesaikan, masalah lain mungkin juga akan terpecahkan.

Halaman:

Editor: Mursidah, SE.

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x