40.000 Muslim Gaza Salat Idul Adha di Masjid Al-Aqsa

- 17 Juni 2024, 21:51 WIB
Sekitar 40.000 warga Palestina Minggu 16 Juni 2024 melaksanakan salat Idul Adha di halaman Masjid Al Aqsa Yerusalem Timur.
Sekitar 40.000 warga Palestina Minggu 16 Juni 2024 melaksanakan salat Idul Adha di halaman Masjid Al Aqsa Yerusalem Timur. /Tangkapanlayar YouTube Bloomberg Quicktake/

JURNALACEH.COM Sekitar 40.000 warga Gaza melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur pada Minggu. Namun, suasana perayaan tidak terasa karena mereka berduka atas saudara-saudari Muslim mereka yang menjadi korban konflik di Jalur Gaza.

Departemen Wakaf Islam di Yerusalem menyatakan bahwa sebanyak 40.000 jemaah mengikuti salat Idul Adha, meski penutupan ketat mencegah ribuan lainnya memasuki Al-Aqsa.

Kantor berita Palestina WAFA melaporkan bahwa pasukan Israel menyerang jemaah pada Minggu pagi saat mereka menuju Masjid Al-Aqsa dan saat meninggalkan masjid, serta mencegah puluhan lainnya masuk untuk salat Id.

Baca Juga: Pilu! Warga Yerusalem Timur Tak Rasakan Kebahagiaan Idul Adha Akibat Konflik

"Pada dini hari, pasukan pendudukan memasuki halaman Masjid Al-Aqsa, memeriksa identitas jamaah, menghalangi pergerakan mereka, dan mencegah banyak pemuda masuk sehingga memaksa mereka untuk salat di luar pintu masjid," tambah laporan itu.

Di Hebron, bagian selatan Tepi Barat yang diduduki, ribuan warga Gaza melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Ibrahimi meski ada pembatasan keamanan yang diberlakukan oleh tentara Israel.

Kepala Departemen Wakaf Hebron, Ghassan Al-Rajabi, mengatakan kepada Anadolu bahwa “langkah-langkah yang diambil oleh pendudukan pada Idul Adha bertujuan untuk mencegah akses warga Palestina ke tempat-tempat suci, khususnya Masjid Ibrahimi.”

"Meskipun ada pembatasan, sekitar 8.000 hingga 10.000 warga Gaza melaksanakan salat Idul Adha di masjid tersebut," lanjutnya.

Menurut koresponden Anadolu, para jamaah harus melewati pos pemeriksaan militer dan gerbang elektronik untuk memasuki Masjid Ibrahimi.

Halaman:

Editor: Cut Ricky Firsta Rijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah